Sabtu, 13 April 2013

Sekilas Tips Awal Pengguna Galaxy Young untuk mengenal "ngoprek Android"


Pengguna Galaxy Young yang ingin belajar ngoprek android harus faham dulu, kalau proses root pada Galaxy Young-nya akan menggugurkan semua garansi & jaminan service Galaxy Young-nya. Meskipun pada nyatanya kita tahu kalau "hanya" root software-nya saja tentunya bisa diakali dengan proses unroot dan install ulang ke software pabrikannya seperti semula.

Tidak seperti handset lain handset samsung khususnya yang sedang kita gunakan -Samsung Galaxy Young tidak perlu melewati proses yang rumit untuk kita meng-root-kan handset kalau merk lain ya lain ceritanya. Misalnya HTC. proses root handset harus melalui tahapan unlock, dan proses ini dijalankan secara online. Jadi HTC akan mengetahui jika handsetnya dalam tahap menuju rooted.

Kenapa kita membutuhkan akses root pada Samsung Galaxy Young yang kita miliki sekarang ini ? Seperti yang sudah pernah disinggung oleh artikel-artikel lainnya. Proses root ini membebaskan kita untuk menginstall aplikasi apa saja yang kemungkinan mempunyai dampak sampingan, misalnya bootloop. Bootloop ini akan sering ditemui jika Pengguna Galaxy Young rajin "ngoprek" Bootloop itu proses booting yang tidak kunjung selesai, akan terus menampilkan logo SAMSUNG. Proses ini akan terus berlanjut sehingga listrik pada batere habis.

Tips pertama untuk pengguna awal Galaxy Young yang ingin ngoprek ;

1. Fahami perbedaan flashing via odin, flashing via Recovery, dan flashing via CWM recovery
  • Flashing via ODin wajib hukumnya menggunakan tambahan alat yaitu KOMPUTER. Karena ODIN adalah aplikasi yang berjalan di lingkungan windows. Dan Flashing ODIN biasanya digunakan untuk flashing stockrom (software default pabrikan). Sejauh ini baru hanya ODIN yang saya tahu aplikasi wajib yang dapat mengembalikan Galaxy young anda ke setelan pabrik (awal beli). Ada juga beberapa Custom Rom yang harus diinstall via aplikasi ODIN ini.

  • Flashing via Recovery, Flashsing ini menggunakan aplikasi default bawaan dari pabrikannya, dimana sudah terinstall secara default.
  • Flashsing via cWM, flashing ini melalui taham "masuk" ke mode recovery pabrikan kemudian "masuk" ke recovery CWM dengan cara menginstall zip file CWM, tulisan install ketika masuk ke mode cwm recovery hanya sementara saja, dan tidak permanen. Beberapa custom rom sanggup menggantikan mode recovery pabrikan dengan recovery CWM. (dibahas lain kali)
2. Fahami perbedaan STOCKROM dan CUSTOMROM, Stockrom adalah software bawaan pabrik, mungkin lebih tepat kita sebut saja firmware pabrikan, dan custom rom (cusrom) adalah firmware modifikasi yang dibuat dari tulis ulang secara resmi dan fungsinya sama dengan stockrom tetapi banyak perubahan baik itu penambahan maupun pengurangan fungsi. Akhir-akhir ini banyak muncul istilah STOCKMOD. STOCKMOD ini adalah STOCKROM yang dimodifikasi dan buat berdasarkan STOCKROM, kemungkinan masih ada beberapa bentuk tampilan maupun fungsi yang sama dengan STOCKROM.

3. Fahami antara mode recovery dan mode download (odin). Untuk menggunakan aplikasi ODin handset harus masuk ke mode DOWNLOAD dengan cara;

- matikan handset
- setelah benar-benar Off, tekan tombol volume down dan tombol Home (yg tengah) diikuti menekan tombol power secara simultan.
- kemudian ada pilihan masuk ke mode download tekan volume- (bawah) atau volume atas untuk membatalkan dan restart ulang.. tampilan download mode akan ada tulisan DOWNLOAD

Untuk masuk ke mode recovery, setelah handset benar-benar mati, tekan tombol volume + (up) kemudian tombol home dan diikuti tombol power. Setelah muncul logo Samsung lepaskan semua tombol secara serempak.

4. Pahami istilah-istilah yang sering muncul dalam berbagai artikel tutorial seputar android dengan cara rajin membaca, search Google dan kalau perlu bertanya. Jangan sekali-kali meminta untuk diajari langkah demi langkah, karena mungkin tidak semua orang mau dengan ikhlas untuk membantu anda saat itu juga. Bahkan teman atau sahabat anda sekalipun. Pelajari dengan cara membaca teorinya dan sering prakteknya. Pengalaman percobaan dan terjadinya error akan terus membantu menambah pengetahuan.

5. Backup selalu data kontak, file aplikasi, dan data dokumen lainnya, baik secara offline pada pc/storage berbeda atau secara online dengan menggunakan Cloudserver seperti dropbox, drive, atau boxnet.

Masih banyak saran-saran lainnya yang mungkin masih belum bisa saya tuliskan kali ini. Sebagai awal mungkin tulisan ini dapat berguna bagi pengguna Galaxy Young yang baru saja beli tadi siang dan ingin mencoba untuk belajar ngoprek. Banyaknya kekurangan yang kiranya masih terasa kurang pada tulisan ini harap dimaklumi, sehubungan dengan kegatelan jari yang ingin coret-coret asal perihal memulai langkah "niat" ngoprek Samsung Galaxy Young. Sayang kalau pengalaman yang kiranya berguna tidak dibagikan secara cuma-cuma, idealis ? mungkin... existensi ? bisa jadi !! hahahaha...

0 komentar:

Posting Komentar